Home » , , , » Petunjuk Teknis Cara Berternak Ayam Buras atau Ayam Kampung

Petunjuk Teknis Cara Berternak Ayam Buras atau Ayam Kampung

Written By nDolo mBaus on Jumat, 29 Maret 2013 | 09.35

RESUME


Ayam Bukan Ras (BURAS) atau ayam kampung banyak dijumpai di daerah pedesaan dan hampir setiap rumah tangga memeliharanya. Hal ini disebabkan pemeliharaan ayam buras relatif mudah dan tidak membutuhkan modal besar, dapat beradaptasi dengan lingkungan dan mampu memanfaatkan limbah serta dapat diusahakan oleh setiap lapisan masyarakat tanpa mengganggu lahan usaha tani lainnya.

Namun masih banyak kendala usaha ayam buras seperti tingkat kematian yang tinggi hal ini disebabkan latar belakang pemeliharaannya adalah sekedar sebagai usaha sampingan dengan tujuan untuk diambil daging dan telurnya sebagai penambah gizi keluarga serta dijual pada saat membutuhkan uang. Dengan kata lain usaha ini hanya merupakan pelengkap, tanpa didorong oleh manfaat lain dari hasil ternak ayam tersebut. Oleh karena itu cara pemeliharaan yang dilakukan pada umumnya tradisional, yang belum dikelola dengan teknik beternak yang baik biasanya ayam-ayam dibiarkannya berkeliaran (diumbar) di kebun atau di pekarangan untuk mencari makan karena peternak jarang memberi pakan pada ayam-ayamnya.

Mengingat keberadaan dan pemilikan ayam buras yang sudah umum dikalangan masyarakat di pedesaan maka usaha meningkatkan peranan ayam buras dan upaya peningkatan produktivitas serta pengembangan sistem produksi dapat ditempuh dengan cara seleksi bibit dan perbaikan sistem pemeliharaan yang meliputi sistem perkandangan, mutu pakan dan penjagaan kesehatan ternak.

Selain faktor teknis, juga perlu adanya pembinaan motivasi kearah usaha yang bernilai ekonomis untuk peningkatan pendapatan keluarga petani. Untuk mencapai keberhasilan tersebut maka perlu dilakukan suatu program penyuluhan dan pembinaan untuk meningkatkan pengetahuan petani dalam melakukan usahatani ayam buras yang lebih ekonomis.


baca selengkapnya, download link dibawah.
DOWNLOAD GRATIS DISINI
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

Download Jurnal Gratis

Translate

Artikel Lainnya

 
Support : Click Techno | Product Comment | Majalah Young And Business
Copyright © 2015. DOWNLOAD JURNAL GRATIS - All Rights Reserved
suport Clicktechno | IndoDDL
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger